Thursday, November 15, 2007

Mimpi Yang Mewujud

Kalo terus dipelihara, suatu saat mimpi yang kita punya pasti akan mewujud.


Hehe.. Gw udah membuktikan pernyataan itu. Beberapa mimpi (atau bisa juga disebut keinginan) yg gw miliki pada akhirnya kewujud juga. Meski harus menunggu belasan tahun. Salah satunya ya seperti di bawah ini..

Buat yang tinggal di atau pernah ke Bandung, mungkin tau yang namanya Taman Lalu-Lintas. Tempatnya g jauh dari SMA 5. tepatnya sih di depan Kantor Paguyuban Pasundan (Kalo g tau tanya tukang becak aja, hehe..). Satu petunjuk lagi, kalo malem, tempat ini dijadikan tempat mangkal banci (wah, kalo ini kayaknya banyak yang tau nih!).

Waktu gw berumur 5 tahun (sekarang umur gw 24), gw diajak ke Bandung sama mamah. Dah lupa tuh ngapain waktu itu kesana. Yang pasti, gw berangkatnya dari rumah nenek di Cianjur. Kesananya nggak bedua, tapi sama alm. Bi Ayi dan Iyus anaknya (kalo g salah Bi Deuis ikut juga).

Nah, singkat cerita kami mampir di Taman Lalu-Lintas. Alm. Bi Ayi, Iyus, dan Bi Deuis masuk ke dalam. Sementara gw g mau. Jadinya gw bedua sama mamah nunggu di luar. Entah kenapa dari dulu sampe sekarang gw orangnya g pedean. Gw g pede kalo lagi berada di tengah orang-orang yang g gw kenal (Aneh, kok sekarang gw bisa jadi wartawan ya??).

Saat itu, di dalam taman emang lagi banyak orang. Ada anak-anak yang lagi main perosotan, jungkat-jungkit, dan beragam wahana permainan anak yg entah apa namanya.

Tiba-tiba gw ngeliat kereta api yang lagi jalan. Wush...
Kereta api itu berjalan layaknya kereta milik PT KAI. Bedanya, selain ukurannya yang lebih kecil, gerbongnya hanya memiliki dua kursi berukuran sedang yang letaknya saling berhadapan (kayak kursi belakang limousine di film2 yg gw tonton). Dua kursi itu paling bisa memuat empat penumpang.

Gw langsung kepengen naek tu kereta. Maklum, gw belum pernah naek kereta api. Ngeliat banyak anak-anak yang bersorak-sorai diatasnya gw juga jadi kepengen ngerasain kegembiraan itu.

Sedihnya, mamah g mau gw ajak masuk. Dia bilang, udah sore nanti malah kemaleman sampe Cianjur. Gw terus merengek sambil sesenggukan. Tak lama, Iyus, Alm. Bi Ayi, dan Bi Deuis keluar dari taman dan menghampiri kami. Tau kalo gw ngrengek pengen naek kereta, salah satu dari kedua bibiku (gw lupa siapa pastinya) bilang kalo Iyus pun g kebagian tempat di kereta yang penuh sesak itu.

Sampai belasan tahun kemudian, pengalaman itu masih membekas di kepala gw. Keinginan buat menaiki kereta itu tetap menyala meski gw bukan anak-anak lagi. Dan karena alasan bukan anak-anak lagi itulah gw ngerasa malu buat kesana.


Belasan tahun kemudian (hehehe…)

Suatu hari (Sabtu, sekitar jam 3an) bokin gw ngajak jalan-jalan. Tapi dia g bilang mau kemana. Dari kampus gw di Lengkong Besar, kami naik angkot Kelapa-Ledeng. Gw kirain dia mo ngajak ke BIP. Eh, dia malah ngajak turun di depan Taman Lalu-Lintas.

Mungkin karena udah sore, di dalam taman hampir nggak ada siapa-siapa. Tapi itu g penting, sebab akhirnya mimpi masa kecil gw kewujud! Gw akhirnya naik kereta itu meski keretanya nggak jalan. Srasa plong banget! Gw duduk bedua ma bokin sambil senyum-senyum sendiri, teringat kenangan masa lalu. Terbayang puluhan anak kecil yang berdesak-desakan di atas gerbong kereta, dan disitu gw ikut bersorak bareng mereka..

2 comments:

darma's said...

Kasihan juga masa kecil lu.
Walaupun keinginan lu diwaktu kecil ga kesampaian n baru waktu lu dah gede baru bisa ngewujutin impian lu yg dulu.
Tapi ingat coy hidup ini bukan untuk menengok kebelakang, kita harus menatap lurus kedepan. Menggapai cita2 kita, bukan sebaliknya...

tedybanka said...

hehe,
sialan lu! lu hrs tau betapa gw plong bgt waktu itu. itu ibarat menginjak kembali anak tangga di bawah yg dulu g sempet dipijak. Kyknya sederhana, tp gw ngrasa ada sesuatu yang hilang. bukan berarti gw g nglangkah ke depan.